Sutradara China Ini Didenda 14.5 Miliar Karena Punya 3 Anak

http://seksimemek.blogspot.com/2014/01/sutradara-china-ini-didenda-145-miliar-karena-punya-3-anak.htmlseksimemek ~ Seorang sutradara film nominator Oscar asal China didenda 7,48 juta yuan atau lebih dari Rp14,5 miliar karena punya anak lebih dari satu. Denda ini dijatuhkan di bawah kebijakan satu anak China yang telah diterapkan sejak tahun 1970an.

Diberitakan CNN, Sabtu 11 Januari 2014, surat denda dilayangkan biro keluarga berencana China pada Zhang Yimou pada Kamis pekan lalu ke rumahnya di distrik Binhu, kota Wuxi, provinsi Jiangsu.
Dalam surat tersebut dikatakan, Zhang melanggar peraturan karena "melebihi kuota" dengan punya dua anak tambahan.

Sebelumnya Desember lalu, sutradara film "Red Sorghum," "Raise the Red Lantern," dan "Hero," ini meminta maaf pada publik karena punya "kelebihan anak". Dia mengaku punya dua putra dan seorang putri.

"Saya meminta maaf atas kasus 'kelebihan keluarga' ini. Saya mengaku salah dan tidak menyalahkan siapapun. Saya telah mendapat pelajaran dan akan bekerja sama dengan penyidik dari komisi keluarga berencana," kata Zhang.

Besaran denda ini dijatuhkan dengan menghitung pendapatan tahunan Zhang. Menurut pemerintah China, denda dijatuhkan setelah sembilan penyidik menyelidiki kasus ini sejak November lalu. Denda harus dibayar 30 hari setelah surat diberikan.

Kasus Zhang ini muncul setelah pemerintah China melonggarkan kebijakan satu anak mereka Desember lalu. Pasangan suami-istri boleh punya anak kedua jika salah satu dari mereka adalah anak satu-satunya. Sebelumnya, anak kedua hanya boleh jika kedua pasangan adalah anak satu-satunya. (adi)

Sumber: us.dunia.news.viva.co.id/news/read/472659-punya-tiga-anak--sutradara-di-china-didenda-rp14-5-miliar