Superkomputer Jepang Sukses Bikin Simulasi Kerja Otak

http://seksimemek.blogspot.com/2014/01/superkomputer-jepang-sukses-bikin-simulasi-kerja-otak.htmlseksimemek ~ Superkomputer K di Jepang berhasil membuat simulasi kerja otak manusia. Kalkulasi yang dilakukan komputer terkuat keempat di dunia itu akurat namun tetap tak bisa menandingi kinerja otak. Superkomputer itu butuh waktu 40 menit untuk membuat simulasi kerja otak selama satu detik.

Superkomputer K yang dipakai para peneliti dari Jerman dan Jepang itu memiliki 705.024 prosesor dan RAM sebesar 1,4 juta gigabytes. Dengan aplikasi Neural Simulation Technology (NEST), superkomputer itu membuat perhitungan dan simulasi koneksi dari 1,73 miliar sel saraf dan lebih dari 10 triliun synapses - persimpangan di antara dua sel saraf otak. Namun jumlah sel saraf dan persimpangan sebanyak itu ternyata cuma satu persen dari total koneksi yang ada di otak. 

Sukses dengan proyek simulasi otak satu detik itu, para peneliti ingin menambah daya dan kecepatan komputer supaya bisa membuat simulasi pikiran secara keseluruhan. Proyek tersebut di masa depan bisa dilakukan dengan superkomputer generasi terbaru dengan sistem exascale computing. Ini adalah komputer yang bisa mengoperasikan satu juta triliun operasi per detik. Hingga saat ini belum ada komputer sekuat itu. Namun Intel mengklaim mereka bakal punya mesin sekuat itu pada 2018. 

Markus Diesmann, peneliti dari Universitas Feriburg yang ikut serta dalam proyek itu mengatakan simulasi kerja otak secara keseluruhan, mencakup sel saraf dan synapses, bisa dilakukan dengan exascale computer. "Saya harap teknologi ini sudah tersedia dalam satu dekade mendatang," katanya.

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2014/01/15/061545177/Superkomputer-di-Jepang-Sukses-Tiru-Kerja-Otak