Setengah Anggota Parlemen AS adalah Miliuner

Terkuak! Setengah Anggota Parlemen AS adalah `Miliuner`seksimemek ~Kongres Amerika Serikat kini tak ubahnya klub bagi para miliuner. Bagaimana tidak, lebih dari setengah anggota parlemen adalah jutawan.

Berdasarkan data terbaru yang terkuak, 268 dari 534 politisi di Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat punya kekayaan bersih US$ 1 juta atau Rp 12 miliar bahkan lebih pada 2012.

Politisi dari Partai Demokrat sedikit lebih dari Republik. Demikian berdasarkan data Center for Responsive Politics (CRP) di situs OpenSecrets.org.

Kemunculan data tersebut bertepatan dengan perdebatan soal jaminan sosial untuk pengangguran dan mereka yang berpenghasilan minim.

Data tersebut juga mengungkap kekayaan bersih rata-rata politisi Washington ada di kisaran U$ 1 juta. Rata-rata kekayaan politisi Demokrat adalah US$ 1,04 juta, sementara Republik US$ 1 juta.

Sementara, kekayaan rata-rata para senator lebih tinggi dari anggota DPR. US$ 2,7 juta versus US$ 896 ribu.

Anggota terkaya Kongres adalah politisi Partai Republik, Darrell Issa. Pria California itu punya kekayaan lebih dari US$ 598 juta atau Rp 7,3 triliun, sebagian besar diperolehnya lewat penjualan sistem anti-maling untuk mobil.

Sementara, anggota Kongres termiskin juga dari Partai Republik asal California, David Valadao. Ia memiliki utang US$ 12 juta, untuk membiayai peternakan sapi perah milik keluarganya.

Saat ini Kongres AS sedang 'menderita' gara-gara beberapa peringkat persetujuan terendah dalam sejarahnya. "Tak ada perubahan dalam selera memilih politisi kaya untuk mewakili kepentingan kita di Washington," kata Direktur CPR, Sheila Krumholz, seperti dilansir BBC, Sabtu (11/1/2014).

Memang, tingkat kekayaan rata-rata para anggota parlemen terbaru merepresentasikan perubahan keseluruhan soal kesejahteraan dan kenaikan penghasilan AS secara nasional -- karena pasar saham telah pulih dari resesi.

Namun, kenaikan itu juga terjadi saat pihak 2 partai berusaha untuk memposisikan diri lebih simpatik terhadap lonjakan ketidakadilan di Amerika Serikat -- orang kaya jadi lebih kaya sementara pendapatan rata-rata keluarga biasa relatif datar atau menurun. Semoga, mereka tetap pro-rakyat.(Ein

Sumber: http://news.liputan6.com/read/797635/terkuak-setengah-anggota-parlemen-as-adalah-miliuner/?related=pbr&channel=n