diPenjara Seumur Hidup Karena Kasus Perdagangan Bayi

seksimemek ~ Seoang dokter kandungan di China dinyatakan bersalah atas perdagangan bayi-bayi baru lahir. Pengadilan China pun menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup.

Zhang Shuxia terbukti bersalah telah menjual tujuh bayi di provinsi Shaanxi, China utara. Demikian putusan pengadilan di Weinan seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (14/1/2014).

Pengadilan menjatuhkan vonis penangguhan hukuman mati bagi wanita tersebut. Ini artinya vonis tersebut menjadi hukuman penjara seumur hidup.

Zhang mendapatkan bayi-bayi yang dijualnya dengan mengatakan kepada para orangtua bahwa bayi mereka telah meninggal atau sakit. Bayi-bayi itu kemudian dijualnya kepada para penjual bayi dengan harga puluhan ribu yuan per anak.

Puluhan ribu anak-anak dilaporkan diculik setiap tahun di China. Kebanyakan anak-anak itu dijual di dalam negeri untuk memenuhi permintaan yang dipicu oleh kebijakan satu anak dan tradisi lebih disukainya anak laki-laki dibanding anak perempuan.

Di pengadilan terungkap, Zhang pernah membujuk seorang ibu untuk menyerahkan bayi kembarnya tahun lalu dengan alasan salah satu bayi meninggal akibat penyakit, sementara bayi satunya terluka di bagian kaki dan lengan.

Seorang bayi lainnya yang dijual Zhang, ditemukan tewas di sebuah selokan dan diduga dibuang oleh pelaku perdagangan manusia.

Dalam persidangan terungkap, Zhang mendapatkan bayaran 20 ribu yuan masing-masing untuk bayi-bayi perempuan. Sementara seorang bayi laki-laki pernah dijualnya seharga 47 ribu yuan pada tahun 2011. Sejumlah bayi yang diculik wanita itu, berhasil ditemukan polisi dan diserahkan kembali ke orangtua mereka.

Sumber: http://news.detik.com/read/2014/01/14/124706/2466952/1148/dokter-china-dinyatakan-bersalah-atas-perdagangan-bayi-bayi-baru-lahir?nd771104bcj