BOCAH TERMINI DI DUNIA MASUK SEKOLAH UMUM

BERITA UNIK - BOCAH TERKECIL DI DUNIA MASUK SEKOLAH UMUM. Gadis perempuan terkecil di dunia, Charlotte Garside, menjalani babak baru dalam kehidupannya. Bocah 5 tahun yang menderita primordial dwarfi sm (pertumbuhan di bawah normal) itu hanya setinggi 68 cm dan berbobot kurang dari 9 pound (sekitar 4,05 kilogram).

Charlotte senasib dengan Jyoti Amge, 18, perempuan terpendek di dunia. Warga Nagpur, India, itu masuk Limca Book of Records serta Guinness Book of Records karena hanya setinggi 62,8 cm akibat gangguan pertumbuhan, dinamai achondroplasia, yang dialaminya.

Bedanya, Charlotte masih berada di usia pertumbuhan. Faktanya, postur tubuhnya tak bertambah. Dalam usianya kini, Charlotte hanya sedikit lebih besar daripada bayi dan lebih kecil daripada boneka beruang Teddy favoritnya.

Pekan lalu, dia mulai masuk sekolah dasar (SD) untuk kali pertama. Seperti dilaporkan Daily Mail kemarin (25/9), Charlotte pun belajar di sekolah umum dan berinteraksi dengan teman sebayanya. Sang ibu Emma Newman sempat was-was bahwa putrinya mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dari rekan-rekannya di sekolah.

Tetapi, kedua orang tua Charlotte akhirnya justru lega dan bangga. Sang ayah, Scott Garside, maupun Emma Newman selama ini telah berjuang keras guna menciptakan situasi senormal mungkin bagi putrinya tersebut.

Penyakit yang diderita Charlotte amat langka. Kasusnya hanya terjadi satu di antara sejuta kelahiran. Dokter pun tak punya nama untuk menyebut penyakitnya itu. Bahkan, awalnya bocah tersebut diramal meninggal sebelum berusia setahun. Ternyata, dengan keterbatasannya itu, Charlotte menjelma menjadi anak yang lincah dan kritis.

Emma, 30, dari Whiternsea, East Yorks, mengatakan bahwa putrinya itu bukan sosok yang tertutup. "Mungkin badannya mungil, tetapi dia punya kepribadian yang baik. Dia selalu ingin melakukan apa yang dilakukan bocah lain sebayanya," tuturnya.

Saat dilahirkan, berat tubuh Charlotte tak sampai satu kilogram dengan panjang 25 cm. Saat itu, dia pun harus mengenakan baju boneka. Saat mengajak pergi, Emma pun memasukkan Charlotte dalam kantong depan sweater-nya. Popoknya seukuran kartu kredit.

Saat ini, Charlotte setinggi sekitar 68 cm. Dia masih mengenakan baju untuk bayi dan bahkan masih lebih kecil dibandingkan kucing peliharaan keluarganya. Padahal, tiga kakak perempuannya berukuran tubuh normal. Meskipun, Chloe, 15; Sabrina, 12; dan Sophie, 8, mengatakan sangat menyayangi adik mereka. "Dia mungkin terlihat seperti boneka, namun dia kuat. Dia suka digendong, lalu dilempar-lempar ke udara," tutur Chloe.